Jumat, 08 April 2016

Hari ini, Ambulan UPTP2K Kebumen merujuk penderita MDR TB Paru ke RS dr Moewardi Solo

Sekitar jam 05.00 pagi tadi (8/4/2016), Ambulan Puskesmas Karanggayam I yang membawa Sumarti (45) warga Desa Binangun Kecamatan Karanggayam sampai di UPTP2K Kebumen. Setelah dilakukan serah terima, Sumarti dipidahkan ke Ambulan UPTP2K untuk selanjutnya dibawa ke Solo. Sumarti rencananya akan menjalani pemeriksaan dan pengobatan MDR TB Paru di RS dr Moewardi Solo. Rujukan kesehatan yang dilakukan Puskesmas dan UPTP2K ini menyusul diluncurkannya Program Layanan Ambulan Gratis bagi warga miskin di Kebumen oleh Bupati dan Wakil Bupati Kebumen.

Sebelumnya, permohonan pemanfaatan Ambulan untuk Sumarti diajukan oleh fihak SSR-TB Aisyiyah Kebumen yang menyatakan bahwa ada penderita MDR TB Paru dari Kecamatan Karanggayam I yang miskin dan perlu dirujuk ke Solo. Setelah dilakukan  pengecekan biodata dalam basis data kemiskinan tingkat Kabupaten, Sumarti dinyatakan masuk dalam kategori miskin. Setelah berkoordinasi dengan pelaksana program TB dan kepala Puskesmas Karanggayam I, diagendakan pengiriman Sumarti dilakukan dinihari Jumat dari rumah penderita di Desa Binangun. Dengan harapan jam 05.00 WIB sudah sampai di Kebumen.

Hal ini dilakukan karena adanya kesepakatan dengan fihak RS dr Moewardi Solo, bahwa penderita sudah harus sampai jam 11.00 WIB. Untuk menjalani serangkaian pemeriksaan dan pengobatan selama satu minggu di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar